The End of 2012 part I : New Job

Penghujung tahun 2012, empat hal yang kudapatkan; New Job, Holiday Part I (Sumatera Barat), Holiday Part II (Bali), dan Love. Oleh karena itu postingan akan kita bagi 4 berdasarkan 4 hal tersebut ;)

NEW JOB! yes. Desember 2012 - minggu pertama Februari 2013 nanti saya akan bekerja di salah satu lembaga riset independent, yang lebih senang disebut dengan research advisory, yang bernama Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG). Bagaimana ceritanya bisa terjun ke sana? Begini ceritanya...

Anin, teman kuliahku semasa di UNPAD tiba-tiba BBM nawarin pekerjaan, Horizon Scanning Project (HSP) di CIPG. Tugasnya adalah membuat FGD di 30 kota (24 Provinsi) untuk memetakan isu-isu (mencakup events atau kejadian yang terjadi sesekalis aja dan trends atau kejadian yang memiliki kecenderungan berulang) yang terjadi di daerah-daerah yang terdiri dari 5 klasifikasi: daerah maju, daerah khusus, daerah konflik, daerah perbatasan dan daerah tertinggal. Awalnya aku berfikir "wow it's very researcher thingy". Tapi, mengingat itu 24 provinsi, pikiranku langsung berubah menjadi "wow!!! keliling INDONESIA". Tanpa berfikir panjang, tanpa memedulikan kontra (ya it happened in minutes to decide to take this job!) bahwa itu kerja temporer yang masih dipandang sebelah mata ketimbang memilik pekerjaan tetap, application + CV sent! hahaha.

HSP terdiri dari 6 tim inti; Virgi, Patrya, Yesaya, Mona, Klara and me. Kami adalah person in charge (PIC) di setiap kunjungan daerah. Pekerjaan ini adalah event organizer featuring research. Kenapa? karena kita harus mengontak peserta sendiri (yang terdiri dari 4 sektor; pemerintah, akademisi, tokoh masyarakat/LSM, dan privat), booking hotel sendiri, pre-research, melist events dan trends sendiri, serta membuat executive summary sendiri (dan beberapa orang ikut mengkoding serta analisis lebih lanjut). Untungnya bayar hotel dan akomodasi tidak sendiri hehehehe.


So, saya kebagian daerah apa saja? Jawa Barat, DKI, Riau dan Kep. Riau, Lampung, Sulawesi Tengah... Papua Barat. Seharusnya saya ke Maluku Utara juga, namun saya dan Mona tukeran ketika dia ditugaskan ke Lampung. Overall, it such a great experience for me. Banyak hal yang saya dapat dari pekerjaan ini. Secara personal, saya amazed dengan masing-masing orang di tim HSP ini. Virgi yang semuruan saya namun sudah lulus s2 (with distinction) di Machester, UK, Partya yang masih s2 di Lee Kuan Yew, Singapore, dan merupakan Indonesia Mengajar batch I, Yesaya dengan interpersonal skill-nya yang mantab, Mona yang masih s2 perminyakan di ITB dan on process to make their own company with their mates, dan Klara yang sebelumnya terkenal susah makan menjadi doyan makan. Amazing right? Kalo saya apa? Saya si lulusan Ekonomi nyeleneh nan ceria yang mau married dan masih haus belajar akan banyak hal. Hehehe. Lebay!!! :P

Ada quotes Mr. Yanuar Nugroho, salah satu research advisory di CIPG berkata melalui twitter mengenai apa yang ia pelajari dari Gurunya :
"Jadi cendekia dan jadi politisi itu dua hal berbeda. Kalau ada yg bilang bisa disatukan, dia bohong. (J. Soedjati Djiwandono, 1998)" 
"Jadi cendekia jangan takut miskin. Tapi takutlah menggadaikan intelektualitas dan integritasmu. (J. Soedjati Djiwandono, 1992-2004)" 
"Kamu hrs belajar ke luar negeri. Bukan soal luar negerinya, tapi agar pikiranmu dipaksa terbuka. (percakapan dg Soedjati Djiwandono, 1996)"

Itu semua benar. Mungkin itu yang perlu kita resapi sebagai calon pemimpin bangsa ini nanti, aamiin.

"I won't have those kinds of experience if I followed what people said and thought about temporary job and NGO's thingy. So, follow your heart and make sure this is what you want." (Karina Anggraeni, Dec'12) ;)

Comments

Popular Posts