Food Combining
Good Solution for Eating Healthy!

Bicara tentang makanan (sama) saya ngga akan ada habisnya *lebay. Dari semua makanan yang halal, saya bingung sendiri makanan apa yang tidak saya suka. Apa yang paling favorit? daging dan keju. Hehehe. Kelemahan saya? makan daging + nasi = kalap lalu lemas. Yes this is not good.

Sejak pulang liburan dari Eropa, nafsu makan saya hilang. Lalu saya merasa harus ada yang dibenerin nih dari perut saya. So, saya mencoba untuk sedikit merubah pola makan, yaitu dengan mengikuti jam kerja tubuh yang alami (siklus sirkardian). Tujuannya adalah untuk menjadi lebih sehat, urusan tubuh langsing itu adalah bonus!

Di pagi hari, saya selalu minum air hangat ditambah perasan jeruk lemon. Segimana jeruk lemon? kalau saya 1 jeruk lemon, namun semakin kesini 1/4 ternyata lebih ideal. Takut kalau maag kambuh? Jangan khawatir, larutannya ketika masuk lambung memiliki PH netral. Terbukti saya tidak pernah 'cedera' meminumnya di pagi hari. Yang biasanya perut berasa mual dan kembung, setelah rutin minum itu saya menjadi lebih 'fit', mual di pagi hari tidak ada, tonsil yang kurang enak di pagi hari pun sudah tidak pernah. Setelah itu, saya lanjutkan memakan buah-buahan secara repetitif dan air putih secukupnya (stok air zam zam banyak di rumah, jadi saya lebih utamakan air ini :D ) sampai makan siang pun tiba.

Food Combining ternyata mengikuti siklus sirkardian tersebut. Aturan utama Food Combining, yaitu makan nasi + sayuran atau sayuran + protein hewani. Wah! kebetulan! ternyata kelemahan saya adalah memang sesuatu yang kurang baik untuk tubuh! 

Saya betah dengan pola makan seperti ini, karena kenyangnya 'pas', tidak mudah lapar, dan badan menjadi enteng.

Sebagai pecinta daging, apalagi steak, teteup sih saya punya jadwal untuk memanjakan diri. Tapi tidak sesering dulu, karena kepinginnya juga ngga semenggebu-gebu kayak biasanya (udah sadar juga saya sebagai manusia diciptakan memiliki lebih banyak gigi geraham yang dibanding gigi taring). Dan pastinya ada perubahan, request sayuran sebakul dan mencoret mashed potatoe/french fries.

Pola makan yang dijaga tidak akan sempurna apabila tidak diimbangin dengan olahraga. Karena saya masih menganut aliran mager alias males gerak. Jadilah kebiasaan saya adalah browsing via Youtube dan melakukan Zumba dance, sesekali pilates dan yoga. Zumba dance ternyata sangat menghabiskan tenaga yaaaa hehehehehe, yang bikin seru adalah saya melakukan Zumba dance dengan lagu-lagu yang seru seperti lagunya Jlo atau Jaiho.

Hal membuat saya amazing, ibadah saya di bulan puasa kemarin menjadi lebih khusyuk karena perut menjadi lebih damai hehehehe. Tertarik mencoba? monggo ;)

Comments

Popular Posts