Turkuaz
The Sensation of Turkish Cuisine in Jakarta


Beberapa minggu yang lalu akhirnya saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satu restoran yang menyajikan masakan otentik khas Turki, namanya Turkuaz. Sudah lama saya penasaran sama tempat yang satu ini. Selain saya pecinta rempah-rempah, saya suka banget sama masakan mediterania (khususnya middle east). Setelah puas mencicipi masakan Arab dan Yunani, sekarang saya penasaran sama masakan Turki. Secara geografis, letak negara ini sangat unik (strategis), berada di dua benua; Asia dan Eropa. Jadi bisa kebayang kan sepenasaran apa saya (ngga tuh kakakkkk) sama perpaduan rempah-rempahnya.

Restoran ini didirikan oleh Chef Sezai Zorlu pada Juli 2011, dimana beliau juga merupakan Brand Ambassador untuk masakan Turki di Indonesia sejak tahun 1999. Di restoran ini juga tersedia Baklava House yang menjual aneka rasa baklava, kue manis yang sudah ada dari sejak jaman Ottoman Empire.
“We have a say in Turkey, the way that pass to your heart will pass through your stomach, so you cannot live and love without good food.”
–– Chef Sezai Zorlu

Karena tidak reservasi, kami harus menunggu terlebih dahulu. Tempat menunggu yang terletak di depan dihiasi dengan lampu chandelier berwarna turquoise dan penataan lampu lain yang sedikit temaram membuat ambiece restoran ini... romantis dan pas untuk makan malam intim bersama orang-orang tersayang. Banyak juga lampu-lampu berornamen khas Turki namun saya tidak sempat memfoto––selain ramai, perut sudah lapaaar.

Mezze Platter with Additional Acili Hummus

Sebagai pembuka, kami memesan Mezze Platter. Mezze Platter ini adalah kumpulan dari beberapa hidangan kecil dengan berbagai variasi dipping sauce disajikan bersama roti khas Turki. Kita bisa mendapatkan menu ini di berbagai tempat makan khas meditaria, khususnya di wilayah Timur Tengah. Kalo Turki punya bentuknya seperti ini, terdiri dari:
  • Gavurdaği Salasati (salad tomat khas Turki)
  • Babaganuc (terong purée yang dicampur dengan bawang, tomat, minyak zaitun dan berbagai bumbu) with add Acili Hummus (purée chickpeas dan tahini dengan tumisan cabai segar, bawang merah & chilli paste)
  • Zeytinyagli Hummus (sayuran dan kacang yang dimasak dengan minyak zaitun)
  • ıspanaklı Peynirli Börek (seperti samosa, pastry dengan isi bayam dan keju)
Rasanya enaaaaak. Saya pecinta kacang pula! semuanya well-seasoned. Oh ya, Mezze Platter ini disajikan untuk dua orang.

Lamb Shank – Kuzu Incikli Hunkar Begendi (pureed char-grilled aubergine (eggplant) and mozzarella cheese).
Sis Kebab (mix of lamb, beef and chicken)

Untuk main course, kami order Sis Kebab dan signature dish dari Chef Sezai Zorlu; Lamb Shank. Saya pilih Lamb Shank dengan purée terong panggang dan keju mozzarella. Saya amazed banget sama Lamb Shank ini. Sangat tender dan juicy. Untuk Kebabnya rasanya enak pokoknya semua makanannya well seasoned. Yang menyenangkan di sini kita bisa makan sharing food. Ngga mungkin juga saya menghabiskan betis kambing itu sendirian, pulang-pulang bisa rendeman air dingin kayaknya hahahahaha. 

Baklava: Special Baklava (a layer hand rolled fillo, butter and pistachio), Cikolatali Findikli Baklava (chocolate hazelnut baklava), and Bademli Cikolatali Dilber Dudagi (chocolate almond baklava)

Menu pencuci mulutnya apa? Apalagi dong kalo bukan Baklava. Saya langsung skip dari menu dessert dan langsung pesen Baklava. Katanya Baklava House ini rasanya sangat otentik. Satu porsi isinya 3 Baklava, pilihannya bebas apa aja. Dari tadi sadar ngga nama menunya njelimet walau ada bahasa inggrisnya? nah ini juga membuat saya agak lama memilih mau pesen rasa apa aja. Kalau nanya yang enak dan best seller yang mana ke  Mr. Tufan Goztepe––the youngest Baklava Master, yang langsung melayani kita––jawabannya selalu "all of it" ahh tsa ae nicht minta diborong. Saya pesan Baklava dengan hand rolled fillobutter dengan kacang pistachio, cokelat hazelnut, dan cokelat almond. Buat yang suka manis ini recommended banget! Saya suka sama cokelat hazelnut. Rasanya mengingatkan saya akan Ferrero Rocher.


Restoran ini cocok untuk formal dan casual dining. Porsinya pas dan bisa dijadikan menu sharing. Kalian juga bisa reservasi dulu kalau makan disini, karena restauran ini selalu ramai pengunjung, apalagi weekend. Tempat ini di TripAdvisor mendapatkan Certificate of Excelence karena keunggulan hospitalitynya dan konsisten mendapat review dari wisatawan baik mancanegara maupun domestik. Jadi semua rasa, bahan dasar serta pengolahannya akan sangat diperhatikan. Buat kamu pecinta kuliner ini adalah tempat wajib yang harus kamu cicipi––kalau ngga bisa ke Turki, tempat ini cukup untuk menggambarkan keankaragaman makanannya. Selamat mencoba!




Authentic Turkish Cuisine & Baklava House
Jalan Gunawarman No. 32
Jakarta Selatan
(021 72795846)
(021 72795853)

3 comments :

  1. Hallo, selamat sudah memenangkan blogpost (s) of the month di indonesianfoodblogger.com,mohon untuk mengirimkan alamat untuk pengiriman hafiah ke email indonesianfoodblogger.co.id, untuk detail silahkan di cek di website IdFb,Thankyou *anita

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAAAWWW! terima kasih Indonesian Food Blogger, jadi makin semangat nih nulisnyaaa!!! :*

      Delete
  2. selamat ya, bagus cerita dan ilustrasi gambarnya...

    ReplyDelete