Your Hair
Your Crown, Your Gift as a Woman

Source: Sfgate

Hidup di zaman modern, pasti yang namanya hair dryer itu udah jadi barang yang wajib kita punya. Apalagi saya yang bejilbab. Saya paling ngga tahan sama rambut lepek. Dan kalo kesiangan, hair dryer sangat menolong banget mempercepat waktu dalam bersiap-siap (tidak ada dalam kamus saya rambut ditutup dengan keadaan basah atau lembab hehe). Nah karena intensitas menggunakan pengering rambut yang tinggi, sebenarnya kita udah bener belum sih dalam merawat dan menjaga kesehatan rambut? Berikut ini ada beberapa jenis treatment rambut yang biasa kita lakukan baik di rumah maupun di salon kesayangan, yuk simak.

Creambath
Siapa yang tidak kenal dengan perawatan satu ini. Paling enak creambath di salon langganan sama si mbak yang pijitannya manteb. Ya kaaan? Ngaku! Hahahaha. Creambath berfungsi untuk melindungi lapisan rambut paling luar (kutikula). Biasanya dalam sebulan dilakukan dua kali dengan catatan, rajin keramas. Karena hanya melindungi lapisan rambut paling luar, perawatan ini lebih cocok untuk rambut yang normal dan yang belum pernah tersentuh zat–zat kimia (cat rambut, pelurusan atau pengeritingan rambut)

Hair Spa
Nah kalo ini spa rambut, hampir sama dengan creambath; dipijit di bagian kepala. Bedanya apa? treatment ini ditujukan untuk menjaga kelembaban dan merawat rambut sampai ke bagian dalam rambut (korteks). Ini cocok untuk rambut yang kering, kusam dan rapuh. Biasanya dipakein serum setelah treatmentnya selesai. Baiknya melakukan Hair Spa sebulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Hair Mask
Ini semacam masker untuk rambut, dan kepala kita ngga dipijit sama mbaknya––biasanya dia tetap menawarkan pijat punggung dan tangan. Treatment ini sangat wajib buat yang rambutnya di cat, di highlight, di ombre (ngaku siapa?!)––pokonya yang rambutnya di warnain atau rambut kering. Kenapa penting untuk rambut yang diwarnain? karena tiap helai rambut butuh perawatan ekstra agar kelembutannya tetap terjaga, sehingga untuk rambutnya diwarnain/dilurusin/dikeritingin minimal dua  sampai minggu sekali dan diselingi dengan Hair Spa (karena Hair Mask tidak merawat sampai ke bagian dalam rambut). Sekarang udah banyak dijual hari mask yang bisa kamu pake sehabis keramas, dua menit langsung bisa dibilas (jangan lupa shampoonya yang khusus untuk rambut diwarnai dan sehabis keramas pake serum lagi––iya repot memang, tapi ya kalo udah diwarnain rambutnya harus dirawat dong!). 

Selain itu ada juga namanya Hair Aromatheraphy, Hair Ozon dan lain sebagainya. Lebih detil kamu bisa tanya ke mbak-mbak salon langgananmu. Biasanya tiga treatment di atas yang sering dipilih oleh kita-kita. Biar bagaimana pun, berjilbab atau tidak, rambut adalah mahkota kita sebagai perempuan. Moso berjilbab tapi rambutnya bau? No no no. Apalagi kalo udah punya suami, diluar rumah maupun di dalam rumah juga harus rapih dong. Ih rambut ya rambut gua suka suka dong, dia harus terima gue apa adanya! Oke deh kalo itu responnya, tapi gimana kalo perspektifnya dirubah: lau mau laki lau bauk juga? hehehe! Merawat rambut adalah salah satu bagian dari menghargai pemberianNya plus kita menghargai diri sendiri––dengan merawatnya.

Comments

Popular Posts