Hello (Again), Bali!

source: liburankebali

Bali –– nah kan, tiap tahun aja nih kayaknya ke Bali (alhamdulillah!).

Kalau bicara tentang Bali sebenarnya saya sempat diminishing return. Karena sedari kecil Bali adalah tempat yang selalu saya dan keluarga kunjungi jika ada waktu berlibur. Lokasinya pun ngga jauh-jauh; Sanur, Nusa Dua, Legian, Kuta, Seminyak, spot spot tourism, itu lagi itu lagi. Kalau pun ke Kintamani hanya ke Trunyan, ke Klungkung hanya sightseeing, lu lagi lu lagi lah pokoknya. Sampai suatu ketika saya ke Ubud. It's like fall in love all over again. Jatuh cinta lagi sama Bali, dan tentunya sama Ubud (bulan madu pun final decision-nya ke sana). Setelah itu, rasa bosan saya akan Bali lama-lama memudar dan ingin mulai mengeksplor lagi daerah Bali lainnya seperti The Three Musketeer (Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan The Golden Egg Nusa Penida), Lovina, Menjangan, dll.

Sebelum berangkat sebenarnya saya ketar ketir dengan cuaca yang sering hujan di sana. Ketika saya bertanya ke teman-teman yang bekerja di Bali (untuk kroscek keadaan vs ramalan cuaca di henpon) pun memang lagi hujan sejak minggu lalu. Pilihannya antara 28 April - 3 Mei atau 10 Mei - 17 Mei. Hampir loh saya ciut untuk ngga berangkat dan memutuskan untuk pergi di 10-17 Mei (l4 dan 16 Mei tanggal merah). Tapi banyak faktor yang membuat saya tetap stick to the plan:
  • Semua akomodasi hotel lagi gila murahnya,
  • Harga tiket masih manusiawi (dan kalau mau pulang harga manusiawi jangan pilih hari Minggu),
  • Cumi : kan niatnya pas ulang tahun di atas gunung dan liat sunrise?
  • Mine: ogah desek-desekan (plus macet) di tanggal 14-17, pasti kan banyak banget yang liburan: wisatawan lokal, lokal bali dan pastinya mancanegara?)
  • Tanggal 16-17 ada acara keluarga di Jakarta dan Bandung.
Baca doa selalu dari sebelum berangkat dan selama di sana. All is well, all is well *elus dada

Tema ke Bali kali ini adalah benar-benar to celebrate our birthday yang jaraknya hanya seminggu, saya 29 April dan si Cumi 9 Mei (almost 100%  it's my birthday trip sih hahahaha!). Karena gongnya di April, saya lah yang milih daerahnya dan bikin rules untuk ngga nyentuh mall atau cafe mainstream macam Starbucks (lalu Cumi pun cemberut). Jadi ngga ada tuh acara nongkrong di Mall Discovery, Beachwalk Bali, Galeria, atau lainnya. 70% adventure 30% easy Bali. Since it's still our not mine, saya nge-switch Ubud ke Legian (Cumi nyengir kuda)Alasannya sih karena harus realistis sama faktor efisiensi juga siih hahahaha jadi rela-rela aja. Itinerary kami selama 5 hari 4 malam di Bali:

28 April 2015 : Landing at 19.30 WITA 
29 April 2015 : Sunrise at Top of Mount Batur (happy birthday to me!), easy Bali
30 April 2015 : Nyeberang ke Lembongan, explore Nusa Lembongan & Ceningan
1 Mei 2015     : Explore Nusa Lembongan & Ceningan, then back to the main island
2 Mei 2015     : Easy Bali and go home at 16.30 WITA

Satu lagi yang kami lakukan dalam kepergian kali ini adalah hoping the accomodation. Dan tau ngga? kami memesan semuanya––kecuali Tanaya BnB, serba last minute (because it's our first trip, dimaapkan!!!). Jangan ditiru yaaah hahahahahahaha. Daerah yang kami kunjungi adalah Kintamani, Tuban, Seminyak, Legian, Kuta, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Karena yang efektifnya cuma 3 hari jadilah tujuan di atas sudah lebih dari cukup, takutnya malah kalau dipaksa malah ngga enjoy dan capek di jalan (hiks, bye bye Ubud). Waktu yang ideal untuk menikmati Bali versi saya adalah minimal 1 minggu. Here's the list:

My Picks:
  • Day 1         : Tanaya Bed & Breakfast, Legian
  • Day 2 or 3 : The Palms Ceningan / Villa Trevally Eco Resort / Le Pirate Beach Club (full booked) at Nusa Ceningan or Dream Beach Hut's / Komodo Garden at Nusa Lembongan
  • Day 2 or 3 : Brown Feather, Seminyak
  • Day 4         : 1O1 Hotel, Legian
Cumi's Picks:
  • Day 1 : Akmani / Swiss-Bellin, Legian
  • Day 3 : Dream Beach Hut's / Bali Belva / Bay Shore Hut's / Cassava Bunglaos at Nusa Lembongan
  • Day 4 : 1O1 Hotel, Legian
Final Picks:
  • Day 1 : Tanaya Bed & Breakfast, Legian
  • Day 3 : Bay Shore Hut's, Nusa Lembongan
  • Day 4 : 1O1 Hotel, Legian
"Kau pilih aku apa jurang?" duile~~
Karena ini adalah PERDANA liburan saya sama Cumi tanpa iming-iming dinas pekerjaan dan lainnya, pasti akan terjadi hal-hal diluar rencana. Versi liburan saya dan doi aja beda. Buat saya liburan itu melulu tentang menikmati pantai, gunung, hutan, matahari, pokonya sagala tentang alam, discover new things, bikin mata seger dan refresh our mind (gilee sok puitis!) Sedangkan liburan versi Cumi adalah leha-leha di kolam berenang, rebahan, santai di hotel, ngopi-ngopi sambil duduk di pinggir pantai liat matahari terbenam, dan segala sesuatu yang tidak memerukan banyak tenaga. The common things for us adalah: doyan makan!

Bagai langit dan bumi kan? Makanya bakal seru banget! Buat saya ini akan menjadi memorable things yang ngga akan kami lupakan sampai tua (iya dong! mengukir memori itu waziiib). Ditambah, ada aja ganggungan dari kerjaan si Cumi, seperti harus test TOEFL yang akhirnya hampir bikin acara satu hari bubyaaarrr~~ untung ada teman yang baik mau minjemin laptop.

Overall, sangat perlu dan merupakan kebutuhan bagi kami untuk bepergian berdua seperti ini, apalagi dalam rencana yang dibuat kami akan trekking ke puncak Gunung Batur –– which it'll take (for normal people) about 2 hours to reach the top and it's the first time Cumi do it! woo-hoo!. Merupakan ebuah "media" untuk menguji kesolidan kami sebagai suami istri yang sudah terjalin selama satu tahun lebih ini (kalo pacaran berarti udah masuk taun ke 7 cyint!). Karena bagi saya mendaki gunung bukanlah hal sepele :)



Comments

  1. Aku terakhir kali ke Bali waktu September taun lalu..

    Ah.. Itinnya seru banget! :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts