Earth Cafe & Market
Seminyak, Bali


Kalau kamu tidak sempat ke Ubud tapi ingin mencicipi vegan food, pergilah ke daerah Seminyak. Di sana ada berbagai macam restoran vegetarian yang juga masih di bawah payung Down To Earth Bali (ada juga loh restoran di Seminyak yang juga menawarkan pemandangan sawah!). 

Terletak di Jl. Kayu Aya, Oberoi, Seminyak, terdapat Earth Cafe & Market. Tempat makan yang juga sekalian mini market buah, sayur dan barang-barang organik lainnya. This is where organic and vegan food realness exist!


Ini adalah kedatangan kami yang kedua ke Earth Cafe & Market. Kalau kemarin hanya sekedar lihat-lihat dan membandingkan harga dengan harga Jakarta, kali ini kami duduk manis untuk makan siang.  

Menu yang kami pesan adalah Indian Plate dan Jerusalem Mix. Sedangkan untuk minumnya kami memesan Tropical Trip dan Coconut Delight. Kami tidak memiliki ekpsektasi seperti apa rasanya, tampilannya bahkan rasanya, we just wanna feel surprised. Dan begitu makanannya sampai....


Alamakjang! porsinya lebih guede dari nasi padang! Melihat porsi besar seperti ini kami pun nafsu untuk segera mencicipinya. Indian Plate adalah santapan tradisional India yang dibuat a la vegan yang terdiri dari brown rice, yellow dal soup, palak tofu, vegetable samosa, chutney dan a wholemeal chapati (wheat free available). Jerusalem Mix terdiri dari grilled seitan, bawang bombay, campuran aneka rempah khas Timur Tengah, salad dan tahini yang dibalut dengan roti pita, ditemani dengan parutan salad sayur dan ubi goreng––bisa juga request di wrapped a la Burito.

Indian Plate

Indian Plate itu rasanya mouthgasm banget. Begitu kamu makan si roti chapati dengan campuran dipping sauce-nya seakan semuanya lagi nari-nari di lidah kamu. Mencicipi sekaligus berbarengan lebih terasa semuanya saling mengisi rasa manis, asam, rempah dan tawarnya. Jujur, menghabiskan yellow dal soupnya saja sudah bikin kenyang. Tapi yang bikin saya salut adalah kelengkapan rasa secara keseluruhan dari Indian Plate ini. Karena tidak ada satu pun yang terlalu menonjol, Indian Plate tidak membuat kita merasa kekenyangan lebay dan sanggup ngehabisin semuanya... walau memakan waktu. Nasi coklat yang tawar pun terasa nikmat karena ditaburi garam laut natural sebagai penguat rasa. Samosa yang terlihat pun bisa kamu habiskan dengan tidak merasa terlalu full seperti saat kamu menghabiskan seporsi steak, sayur dan kentang––hayo ngaku, pasti masih suka pesan kentang kan? pantang untuk Food Combiners; protein + sayur, pantang hukumnya untuk protein + karbohidrat ;)

Bagaimana dengan Jerusalem Mix? Jika dibandingkan dengan Indian Plate porsinya lebih kecil. Tapi dijamin kenyang karena isinya sangat banyak dan si campuran salad dan tahininya mahteh. Ubi gorengnya juga enak, menurut saya satu kesatuan dalam piring ini sangat harmonis!

Jerusalem Mix
Tropical Trip dan Coconut Delight

Untuk minuman, sebenernya kami berharap lebih karena campurannya banyak dan metode yang digunakan cold pressed. Tropical Trip yang terdiri dari campuran bee pollen, semangka, kelapa dan mint serta Coconut Delight yang terdiri dari kelapa segar, spirulina, kurma, air kelapa dan falx seeds rasanya kurang nendang. Kami berharap dengan campuran yang banyak akan terasa filling in ketika meminumnya, seperti ketika mencicipi Tropical Trip setidaknya ada rasa campuran semangka, kelapa serta rasa mint-nya dan Coconut Delight ada rasa manis dari kurmanya. Namun sayangnya, rasanya cenderung plain dan teksturnya terlalu cair. 

Tapi, terlepas dari rasa yang kurang dalam minuman yang dipesan, kami bisa merasakan khasiatnya! Jadi, beberapa hari sebelumnya dari kita ada yang merasa kurang serat sehingga susah ke belakang. Nah, di hari yang sama di malam hari sebelum tidur, hilanglah sudah perasaan kurang seratnya alias  pencernaan jadi lebih lancar. Rasannya sangat lega banget karena efek menu sehat yang dimakan hari itu efeknya bagus ke pencernaan! Bayangkan jika setiap hari kita mengonsumsi makanan sehat seperti ini? Indah sekali bukan?!


Memang benar sangat jarang orang kita (domestik) yang datang ke tempat ini. Di hari ini pun kami tidak melihat satu wajah pun. Namun tenang saja, pelayanannya sangat ramah dan tidak pandang bulu. Saya akan kembali lagi datang kesini, pastinya membawa si Cumi untuk makan sehat. Saya yakin dia suka, karena ada menu a la mediterraneannya which is our favorite––dan mungkin next time akan memberanikan diri menenggak kombucha, hahahahaha. 

I hope you all like my review!

Happy weekend all!





Earth Cafe & Market
Jl. Kayu Aya No. 99
Seminyak - Bali
Indonesia


Comments

  1. Asik banget yah cafenya, ramai juga pengunjungnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rani, salam kenal :)
      iya kebetulan waktu jam makan siang, tempat ini selalu ramai. Yah namanya juga Bali, everyday is holiday hehehehe :P

      Delete
  2. Telat taunya :( next ke Bali kudu kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi PakBos! Hawaii-ya (how are you)? You both definitely must try this place... ;) Salam utk Mindy!!!!

      Delete

Post a Comment

Popular Posts