Halloween di Shibuya


Ketika beberapa negara melarang perayaan Halloween dengan alasan perayaan tersebut merupakan salah satu perayaan agama tertentu, di Jepang, Halloween merupakan acara komersil. Mereka tidak terlalu memikirkan asal muasal Halloween, mereka hanya melihat ini sebagai ajang pesta kostum yang meriah.

Bisa dibayangkan kan lautan situasi di sana, khususnya di depan stasiun JR Shibuya yang letaknya persis di depan monumen Hachiko, Shibuya ‘scramble’ Crossing dan shopping district? Let’s check this out!


Seperti ketika kamu pergi ke Tokyo DisneyLand dan DisneySea melihat banyak pengunjung (khususnya warga Jepang) niat untuk sewa kostum tokoh kartun favorit mereka, begitu pula dengan perayaan Halloween di Tokyo. Mereka pun sangat totalitas dari segi kostum dan make up. Dari beberapa spot di Tokyo yang ramai pada saat Halloween, tahun ini saya menyambangi Shibuya. Tahun ini, perayaan Halloween di Shibuya diadakan mulai dari 28 Oktober sampai 31 Oktober (Jumat – Sabtu).

Baik turis maupun warga asing dan lokal yang tinggal di sini sangat menikmati momen ini. Sama seperti saya dan beberapa orang yang memiliki hobi yang sama seperti saya pasti tidak akan melewatkan momen ini sebagai ajang hunting foto. Jangan sungkan untuk meminta mereka yang berkostum untuk berpose jika kalian mengalami kesulitan untuk melakukan candid photothey won’t hesitate, malah mereka cenderung sadar kamera dan langsung berpose!

Percaya ngga kalo doi jalan dibantu sama temennya yang cewe dari belakang (karena ngga bisa lihat)? TOTALITAS abis nggak sih?!
Obi Wan Kenobi, Star Wars
Stormtrooper
Harley Quinn & Mario Bross’s Uncle, followed by Luigi and Mario behind them. They don’t know each other but since they’re wear the same costume, it’s obligation to do this (see picture below)
Wefie time!!!
Another Mario with Godzilla!
Some are till preparing their own costume!
Tokyo’s Halloween not complete without the presence of Pok√©mon, Pikachu!!!

Walau pun terlihat sangat-sangat padat, semua orang terlihat tetap taat aturan. Metropolitan Police Departement siap siaga selama 4 hari beturut-turut guna kelancaran lalu lintas dan acara Halloween. Selain itu, di beberapa spot terlihat sekumpulan orang membagikan plastik oranye bergambarkan muka Jack-O’-Lantern kepada khususnya orang-orang yang menggunakan kostum. 

Plastik oranye ini adalah plastik untuk sampah makanan/minuman mereka yang nantinya di buang di beberapa pos pembuangan sampah berdasarkan jenis sampahnya (sounds familiar, right?). Jika pada akhirnya mereka tidak menemukan menemukan pos pembuangan sampah pun tidak jadi masalah, plastiknya tinggal dibawa saja pulang dan buang di rumah, beres deh!

Buat yang sedang berlibur ke Jepang, khususnya Tokyo, dan kebetulan kalian ke sini di akhir Oktober, sangat direkomen untuk mejeng di daerah Shibuya dan sekitarnya seharian penuh. Kalian bisa mengisi waktu di pagi hari dengan sightseeing, nongkrong di Starbucks sambil lihat pemandangan Shibuya Crossing dari atas, lalu di sore ke malam hari kalian bisa melihat keseruan Halloween yang berlangsung di sana!

No comments :

Post a Comment